Minggu, 03 Juni 2012

Clay Cantik

Diposting oleh Shannen Valerie di 00.23



clay
Wah, lucu banget! 
Wow, ada banyak makanan yang menarik dan menggoda! Es krim, kue, buah-buahan. Aaah, membuat orang yang melihat ingin langsung menyantapnya.
Ssst, ada juga bentuk-bentuk lainnya yang tak kalah menarik. Ada kelinci, kucing, ulat dengan bentuk yang cantik.
Eh, mereka semua bukanlah wujud asli tapi mainan yang terbuat dari lilin atau biasa disebut clay .
Clay Si Lilin Serba Unik
Clay merupakan sejenis mainan yang terbuat dari lilin. Mainan ini sudah terkenal di berbagai dunia dan menggunakan istilah yang sama yaitu clay.
Clay bisa dibuat dengan dua cara, yaitu, Baked Clay dan Air Dry Clay . Untuk Baked Clay dibuat dengan proses pembakaran lilin supaya cepat keras. Suhu untuk membakar clay antara 30 c˚sampai dengan 150 c˚.
Berbeda dengan Air Dry Clay. Clay ini membutuhkan proses pengeringan dengan alami atau di alam terbuka. Biasanya jenis ini dikenal dengan sebutan soft clay, contohnya adalah Jumping Clay.
Jumping clay akan mengeras sendiri dan jika kering akan menjadi ringan seperti gabus. Kalau kamu ingin melihat jumping clay, kamu bisa menemukannya di toko penjual bahan kerajinan tangan.
Selain yang disebutkan tadi, ada juga beberapa jenis clay yang biasa kita temui;
paper clay
Nah, yang ini adalah paper clay berbentuk kura-kura.
Clay Plastisin  (dough)
Clay plastisin biasa disebut juga lilin digunakan untuk mainan. Untuk mendapatkannya, kamu bisa beli di toko terdekat.
Lilin ini mudah dibentuk dan lunak. O, iya clay plastisin bisa dipakai berkali-kali tapi tidak bisa dipanggang karena teksturnya lebih lunak dari lilin jenis lainnya.
Paper clay
Sesuai namanya, clay ini terbuat dari kertas. Paper clay bisa langsung dipakai. Jenis clay ini mengandung campuran gips (batu kapur). Pewarnaan dapat dilakukan setelah kering atau sebelum dikeringkan.
Clay dimsum
Clay Dimsum, hmm, yummy! Ups, ini cuma lilin, lho! 
Flour clay
Bahan dasar clay ini adalah tepung sehingga disebut juga clay tepung. Hampir semua tepung bisa, misalnya tepung terigu, tepung beras, tepung tapioka atau tepung maizena atau agung.
Cara membuatnya, adonan tepung dicampur dengan lem putih. Nah, setelah itu clay siap dibentuk sesuai kreasi.
Soap clay
Soap clay terbuat dari bahan dasar sabun dan sesuai artinya di Indonesia dikenal dengan sebutan clay sabun. Yang istimewa dari clay ini, adalah aromanya yang harum dibandingkan clay yang lainnya.
Nah, setelah mengenali jenis-jenis clay, Nesi akan ajak kamu untuk membuat clay! Tunggu di artikel selanjutnya, yah!
 

0 komentar:

Posting Komentar

 

Shannen's Diary Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review