Kamis, 07 Juni 2012

Penyakit Hewan Peliharaan Kita

Diposting oleh Shannen Valerie di 01.45

Asyiknya, kalau punya hewan piaraan di rumah. Kita bisa bermain dengannya sesuka hati, seperti teman sendiri. Hmm, tapi kalau mereka sakit, kita pun jadi ikut khawatir! Apalagi kalau mereka punya penyakit yang cukup berbahaya. Wah, jangan sampai, deh!
Eiits, tapi enggak perlu takut berlebihan karena penyakit bisa dicegah, kok! Penyakit apa saja yang bisa menyerang hewan piaraan? Yuk, lihat!
Toksoplasma (toksoplasmosis )
hewan piaraan
Nah, penyakit yang satu ini disebabkan oleh parasit toksoplasma gondii yang ditularkan lewat kotoran hewan piaraan yang terinfeksi seperti kucing, burung merpati, dan kelinci.
Penyakit ini bisa menyerang segala usia, terutama bila daya tahan tubuhnya lemah. Penyakit ini dapat menyebabkan kelainan otak, darah, kelenjar, serta retina mata.
Untuk mencegahnya, hewan piaraan ini harus rajin diperiksakan ke dokter hewan dan kandangnya rajin dibersihkan.

Asma
Bagi penderita asma atau alergi terhadap bulu hewan, sebaiknya waspada karena bulu hewan piaraan dapat menyebabkan kambuhnya asma atau alergi.

Rabies
Penyakit karena virus ini ditularkan lewat air liur hewan yang terinfeksi, seperti anjing dan kera. Penyakit ini dapat menyebabkan kejang otot dan gangguan pernapasan. Untuk mencegahnya, hewan piaraan ini harus rajin divaksinasi anti rabies.
Flu burung (Avian Influenza )


Inilah penyakit yang belakangan bikin heboh karena cukup mematikan. Penyakit karena virus influenza tipa H5N1 ini ditularkan dari unggas (burung, ayam) kepada manusia lewat udara maupun kontak langsung.
Untuk mencegahnya, unggas harus divaksinasi dan kandang rajin dibersihkan atau disemprot cairan disinfektan.

Tips mencegah tertular penyakit hewan
1. Rawat si hewan piaraan dengan rajin. Periksakan ke dokter hewan secara teratur dan jaga kebersihan kandangnya.
2. Gunakan sarung tangan saat membersihkan kotoran hewan dan kandang.
3. Cucilah tangan dengan sabun sesudah beraktivitas atau kontak dengan hewan piaraan.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Shannen's Diary Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review