Jumat, 08 Juni 2012

Ribuan Pelajar Nonton Transit Venus!

Diposting oleh Shannen Valerie di 08.53

transit venus
Peristiwa Transit Venus itu akan terjadi kembali di tahun 2117! 
Peristiwa Transit Venus yang langka benar-benar menarik perhatian! Ini dia buktinya. Ribuan pelajar dari sejumlah sekolah di Belu,Nusa Tenggara Timur, ikut memenuhi  lapangan SD Katolik Santa Theresia Atambua II, Rabu (6/6/2012). Mereka mulai datang ke sekolah sejak pukul 05.00 untuk menyaksikan transit Venus secara langsung.
Di daerah itu, tepatnya, Atambua, transit Venus mulai berlangsung sejak pukul 06.09 WIT. Itu berarti, transit terjadi sesaat setelah Matahari terbit. Para pelajar pun tetap semangat dan penasaran melihat kejadian tersebut meskipun pagi hari.
Saat menyaksikan transit Venus, mereka dibimbing oleh tim pemandu dari Universe Awareness (Unawe) Indonesia. Anggota tim berasal dari astronom profesional dan amatir dari Observatorium Bosscha, Program Studi Astronomi Institut Teknologi Bandung, Planetarium dan Observatorium Jakarta, serta Himpunan Astronom Amatir Jakarta.
Wah, saking penasaran sama peristiwa langka yang baru akan terjadi kembali tahun 2117 itu, beberapa sekolah pun diliburkan. Mereka rela menunda pelaksanaan ujian semester yang berlangsung sejak Senin itu demi belajar fenomena astronomi yang kemungkinan hanya akan mereka saksikan sekali seumur hidup.
Bukan hanya pelajar yang tertarik mengamati, tapi para guru dan masyarakat umum pun enggak mau ketinggalan. Mereka rela mengantre dan berjemur di bawah terik Matahari untuk menyaksikan transit Venus melalui teleskop, kacamata gerhana , proyektor Venuscope, dan melalui layar proyektor.
Transit Venus di Atambua dan wilayah WIT lain berlangsung hingga pukul 12.49. Di seluruh wilayah Indonesia, transit Venus yang berlangsung selama 6 jam 40 menit itu hanya dapat disaksikan secara utuh di wilayah timur Indonesia, mulai dari Papua , Maluku, Sulawei Utara, Sulawesi Tenggara, dan Timor.
Sementara di wilayah Indonesia barat, seperti Jawa, Sumatera, dan Kalimantan, transit Venus sudah terjadi saat Matahari terbit. Bagaimana dengan daerah di tempat tinggalmu? Terlihat juga, kah?

0 komentar:

Posting Komentar

 

Shannen's Diary Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review